Puasa Menghambat Promil? Yuk, Cek Faktanya

Cara Cepat Hamil dengan Memperhatikan hal-hal Kecil berikut
09/05/2019
bedong bayi
Bedong Bayi . Perhatikan hal hal ini, jangan dianggap sepele
31/08/2019

Promil saat bulan Ramadhan? Apakah efektif menjalani promil di saat sedang puasa?

Bulan Ramadhan telah tiba. Seluruh umat muslim begitu bahagia menyambut bulan bahagia ini. Namun, beberapa bunda masih bingung, apakah PUASA menghalangi untuk merencanakan kehamilan?

Apakah Moms termasuk salah satu yang bingung untuk melakukan PROMIL atau tidak saat bulan Ramadhan seperti ini? Mari kita bahas dan pecahkan pertanyaan Moms sama-sama.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti di Universitas Harvard yang bekerjasama dengan Massachussets General Hospital (MGH), menemukan kandungan kalori pada perempuan yang berpuasa berkurang dan hal ini membuat kadar gula dalam tubuh menurun sehingga bisa meningkatkan dan berpengaruh pada hormone reproduksi. Bahkan, puasa bisa memperpanjang masa subur bagi wanita dan memperbanyak jumlah sel telur yang dihasilkan.

Hal ini berkaitan dengan peremajaan sel-sel urogenitalis dan alat-alat reproduksi lainnya. Pasalnya hormon yang berkaitan dengan perilaku seksual tidak dihasilkan oleh organ indung telur (estrogen) dan testis (testosteron), melainkan juga oleh kelenjar hipofisis. Alasan lainnya adalah selama berpuasa, kadar asam, dan basa dalam tubuh menjadi lebih seimbang, sehingga berbagai organ tubuh meningkat, termasuk organ reproduksi.

Dengan terhentinya asupan makanan dalam waktu lama, berbagai jenis bakteri, kuman, virus, dan sel berbahaya (termasuk sel kanker) tidak bisa bertahan lama hidup di dalam tubuh. Puasa memberikan kesempatan bagi alat pencernaan agar beristirahat, sehingga racun, kotoran, dan ampas yang berpotensi mengganggu kesehatan bisa dibuang. Hasilnya, fungsi organ reproduksi meningkat selama berpuasa.

Jadi, untuk Moms yang masih ragu melakukan promil saat puasa, sudah terjawab ya pertanyaannya. Puasa tidak akan mengurangi atau menghalangi Moms dan suami untuk melakukan program hamil. Justru, karena puasa jumlah sel telur yang dihasilkan akan bertambah dan masa subur akan lebih panjang. Bagi Moms yang masih bingung bisa lho konsultasi di PROMILUMOM.

Oh, iya, Moms, Bagaimana kalau pengaruh puasa untuk kesuburan suami?

Puasa juga ada pengaruhnya lho, Moms untuk kesehatan sperma suami. Bukan pengaruh yang buruk ya, moms. Justru dengan berpuasa kualitas sperma akan diperbaiki karena tidak adanya asupan yang masuk sehingga tubuh bisa mencerna nutrisi yang ada dengan baik dan bisa regenerasi sel dengan baik.

Pernyataan dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS UGM, dr. Mohamad Eko Cahyanto, Sp.PD mengatakan, dengan berpuasa, kondisi kesuburan seseorang yang menjalankannya akan meningkat. Hal itupun menurutnya berlaku bagi pria maupun wanita. Menurutnya banyak orang beranggapan jika berpuasa seseorang malah tidak mendapatkan gizi yang seimbang, sehingga mempengaruhi kondisi tubuhnya. Padahal sebenarnya puasa memberikan efek positif pada tubuh, termasuk meningkatkan kesuburan seseorang.”Pada awal puasa, hormon reproduksi dalam tubuh manusia mangalami penurunan. Namun setelah dua sampai tiga hari justru jumlah hormon tersebut menjadi meningkat. Hal itulah yang dapat menyebabkan meningkatnya keseburuan,” ungkap beliau.

Hal inilah yang membuat kualitas sperma menjadi semakin meningkat, karena berbagai racun, kotoran, dan ampas pun semakin berkurang saat bulan puasa. Untuk menjaga kualitas sperma dan kesehatan tubuh, ada baiknya konsumsi makanan gizi yang seimbang tetap dilakukan dengan memperbanyak asupan air putih saat setelah berbuka puasa maupun sahur. Namun asupan makanan ini pun harus diimbangi dengan mengatur waktu istirahat yang cukup agar kesehatan tubuh pun tetap terjaga.

Mengapa ramadhan menjadi waktu yang tepat?

  1. Karena momen puasa ramadhan relevan dan cocok mengistirahatkan kinerja lambung dan usus, hal ini berkaitan dengan sistem kerja dan metabolisme tubuh lainnya, termasuk hormon.

Semakin menjaga makan, semakin terbantu memperbaiki kinerja metabolism tubuh, semakin membantu                      percepatan kinerja hormone ( dalam hal ini hormon kesuburan)

FSH (hormon wanita)

LH ((hormon wanita)

Testoteron (hormon pria)

  1. Sebagai challenge pertama bagi pasangan yang belum pernah mengubah pola makan dan aktivitas dalam promil, maka ramadhan ini adalah moment yang cocok dan tepat untuk mengawali promil cepat sehat dalam 30 hari ini. Sehingga saat menjalankan tidak terasa dan tidak berat dan sulit karna beriringan dengan momen puasa 30 hari.
  2. Moment yang tepat mengawali menu sehat, dan aktivitas sehat selama minimal 30 hari.
  3. Selain jadi moment cocok dan tepat juga dengan berpuasa sangat baik untuk tubuh dalam memperbaiki kesuburan suami-istri, apalagi ditunjang dengan makanan dan aktivitas sehat serta suplemen fertilev dan fertimex plus kurma, yang rutin setiap hari dikonsumsi.
  4. Berikutnya, puasa juga menjadi momen yang tepat karna ketika berpuasa sel-sel didalam tubuh akan membersihkan sisa kotoran dan memperbaiki sistem metabolism tubuh.

Oleh karena itu, Moms, yuk segera dimulai promilnya. Apalagi di bulan baik ini adalah momen yang tepat untuk memulai promilnya. Puasa bukan halangan kok, Moms, untuk memulai promil. Siapa tau di bulan yang penuh berkah seperti sekarang, Moms dan suami akan diberikan kepercayaan oleh Allah SWT.

Untuk konsultasi lebih lanjut dan program hamil yang terarah, Moms bisa klik gambar di bawah ini. Segera mulai promilnya bersama PROMILUMOM, Teman Promil Sampai Hamil.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: