Mengatasi Sperma Encer

hamil setelah kb
Apakah bisa Hamil Setelah KB ?
30/09/2019
mengatasi menstruasi tidak lancar
Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar
30/09/2019

Mengatasi sperma encer– Bagi seorang pria, sperma merupakan cairan penting untuk membuahi sel telur pada wanita agar terjadi kehamilan. Agar sel sperma bisa menembus sel telur, tentunya diperlukan sperma yang berkualitas. Namun, akhir-akhir ini banyak pria yang mengeluh karena mengalami masalah besar, yaitu sperma encer.

mengatasi sperma encer

Sperma encer atau air mani yang jernih dan tipis merupakan kondisi yang bersifat sementara dan umumnya bukan gangguan kesehatan yang serius. Namun, kondisi tersebut bisa saja menandakan adanya kemungkinan gangguan kesuburan. Berikut ini beberapa penyebab sperma encer yang perlu Anda ketahui.

Penyebab Sperma Encer

Kepekatan dan warna air mani dapat berubah karena beberapa faktor dan kondisi tertentu. Berikut beberapa penyebab yang memungkinkan sperma encer :

  1. Produksi sperma rendah

Jumlah sperma yang rendah, yakni kurang dari 15 juta sel per mililiter air mani, merupakan penyebab sperma encer pada orang dewasa. Berikut beberapa kondisi yang berpotensi menyebabkan jumlah sperma menjadi sedikit adalah:

  • Oligospermia, kondisi di mana jumlah sperma yang diproduksi sangat rendah. Ini bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual, peradangan organ reproduksi, tumor, ketidakseimbangan hormon, dan varikokel.
  • Ejakulasi retrograde atau ejakulasi terbalik, kondisi di mana sperma tidak keluar, namun masuk ke kandung kemih saat terjadi Riwayat pernah menjalani operasi prostat umumnya menjadi penyebab utama terjadinya ejakulasi retrograde.
  • Munculnya antibodi antisperma, yakni antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh, yang keliru menanggapi sperma sebagai benda asing. Antibodi antisperma ini dapat muncul pada pria maupun wanita.
  • Kecelakaan atau cedera pada organ yang berfungsi untuk menyalurkan.

 

  1. Lingkungan dan pola hidup

Kualitas air mani juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan tempat Anda tinggal dan bekerja, pola makan, serta gaya hidup. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka waktu yang lama juga dapat menurunkan kualitas sperma Anda.

  1. Kekurangan zinc

Kekurangan mineral zinc (seng) bisa berpotensi membuat jumlah sperma rendah. Sebuah penelitian menunjukkan, zinc atau seng sulfat dapat membantu melawan efek antibodi antisperma yang memengaruhi produksi sperma.

  1. Sistem reproduksi belum matang

Air mani encer normal ditemukan pada remaja pria berusia 11-15 tahun. Hal ini disebabkan karena sistem reproduksi pada usia tersebut belum sempurna. Umumnya remaja pria yang baru memasuki masa pubertas juga masih mengalami penyesuaian kadar hormon seks, sehingga kualitas sperma belum sempurna.

  1. Banyaknya frekuensi ejakulasi

Terlalu sering berejakulasi, melalui berhubungan seksual atau masturbasi, dapat memengaruhi kuantitas dan kualitas air mani. Selain kualitas yang menurun, air mani juga akan lebih encer pada ejakulasi kedua, ketiga dan seterusnya. Tubuh Anda butuh waktu istirahat beberapa jam untuk memproduksi air mani dengan kualitas dan kuantitas yang sehat dan normal.

Sering kali lelaki cemas karena spermanya encer. Bahkan, ada yang beanggapan bahwa sperma encer tak bisa membuahi. Memang, sperma encer masih bisa membuahi, tapi sebenarnya seperma encer menunjukkan ada hal yang tak normal. Bagaimana cara mengatasi sperma encer?

Cara Mengatasi Sperma Encer

Jangan khawatir jika sperma Anda encer. Anda masih bisa melakukan beberapa usaha untuk membuat cairan sperma Anda lebih kental. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Menjaga berat badan ideal

Obesitas diketahui dapat memengaruhi kualitas dan jumlah sperma. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang memiliki berat badan berlebih lebih berisiko untuk mengalami penurunan kualitas dan jumlah sperma. Karena itu, menjaga berat badan ideal diduga dapat membantu memperbaiki kualitas sperma.

Dengan menjaga BB tetap ideal, maka keseimbangan hormonal yang memengaruhi produksi sperma juga akan terjaga. Untuk mengetahui BB ideal seorang lelaki bisa melihat indeks massa tubuh,rumusnya

IMT = berat badan (kg)/(tinggi badan x tinggi badan (m).

  1. Mengatur pola makan dan hidup sehat

Konsumsi makanan yang bergizi tinggi, terutama makanan yang mengandung zinc, seperti kacang-kacangan dan daging tanpa lemak. Pasalnya, zinc punya peran penting dalam menstabilkan materi genetik dalam sperma. Untuk memperbaiki pola hidup, rutinlah berolahraga, serta hentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Bagi pria dianjurkan menerapkan pola makan rendah lemak, tinggi protein, serta memperbanyak konsumsi sayuran dan biji-bijian.  Pria juga diminta mengonsumsi banyak bahan makanan dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat menekan risiko kerusakan sperma, selain juga mengonsumsi mineral zink yang dapat meningkatkan volume air mani dan produksi sperma. Zat gizi lain yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sperma, antara lain asam amino, asam folat, kalsium, dan vitamin D.

Setop merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, dan hindari stres. Selain itu, cukup istirahat, sedikitnya tidur kurang lebih 8 jam per hari.

  1. Hindari paparan zat beracun

Zat-zat beracun yang terdapat pada polusi dan zat kimia tertentu dapat memengaruhi kualitas sperma. Karena itu, jika Anda memiliki risiko pekerjaan yang terpapar zat beracun tertentu, disarankan mengenakan alat pelindung diri untuk mengurangi risiko masuknya racun ke dalam tubuh.

  1. Jaga wilayah kelamin agar tidak mengalami panas berlebihan.

Panas di wilayah alat kelamin dapat memengaruhi produksi sperma. Hindari mandi atau berendam dalam air sangat panas. Hindari pula mengenakan celana yang terlalu ketat.

Tahukah, saat seorang lelaki mengalami ejakulasi, dia mengeluarkan cairan ejakulat atau semen atau air mani, kurang lebih sebanyak 3 ml. Setiap 1 ml air mani yang normal akan mengandung sekitar 100 juta hingga 120 juta sperma.

Selanjutnya, sel sperma ini akan bergerak menuju rongga rahim dan berebutan mencapai sel telur. Hanya sel sperma terbaiklah yang berhasil masuk ke dalam rahim untuk membuahi sel telur dan satu sel telur hanya bisa dibuahi oleh satu sperma terbaik.

  1. Konsumsi Fertimex

Banyak pria yang mengalami air mani atau sperma encer, yang berakibat pada gagalnya membuahi sel telur atau lebih fatalnya lagi tidak subur. Nah, Fertimex merupakan solusi yang tepat untuk menyuburkan dan mengentalkan kembali sperma atau air mani. Kandungan Fertimex didalamnya mampu untuk bisa menyuburkan kembali. Sudah banyak yang sudah mencoba dan sudah bersertifikasi HALAl dan sertifikasi BPOM.

Fertimex yang ASLI hanya ada di promilumom

fertilev fertimex

Bagi pasutri yang tengah mendambakan momongan, ada banyak perawatan tersedia untuk mengatasi sperma encer dan meningkatkan jumlah produksi sperma. Berkonsultasilah ke dokter untuk mendiskusikan pilihan perawatan terbaik untuk Anda sesuai diagnosis kondisi Anda dan pasangan. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsultasikan ke promilumom untuk mengatasi sperma encer yang terjadi secara terus menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: