Ciri-ciri Bayi Kembar Pada Ibu Hamil

Ciri-ciri Hamil Normal dan Hamil Anggur
23/08/2018
Faktor yang Mempengaruhi Keputihan Berlebih
24/08/2018

Sebelumnya saya sudah memberikan artikel mengenai Cara alami agar hamil anak kembar yang semoga yang telah mempraktekkannya mendapatkan apa yang di usahakannya, aamiin. Kali ini pada artikel ini akan membahas mengenai ciri-ciri bayi kembar pada ibu hamil yang nantinya bisa juga buat patokan terhadap bunda yang kemaren telah menjalankan program bayi kembar untuk mengetahui apakah programnya berhasil atau tidak.ciri-ciri bayi kembar pada ibu hamil

 

Berikut ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri bayi kembar pada ibu hamil yang perlu anda perhatikan :

  • Ukuran perut lebih besar pada awal kehamilan

Berbeda dengan hamil yang pada umumnya, hamil kembar tentu lah berukuran lebih besar daripada hamil biasa, bagaimana tidak, satu perut di tempati dua janin sekaligus bahkan ada yang hingga 4 atau 5. Biasanya akan terlihat pada kehamilan enam sampai tujuh minggu hingga masa kelahiran, biasanya .

  • Intoleran Makan dan minum berlebihan

Intoleran ini yaitu napsu makan berkurang, bahkan hanya menciumnya saja sudah merasa mual, hal ini dirasakan 2 kali lipat lebih dahsyat daripada kehamilan pada umumnya.

  • Detak jantung lebih cepat

Hal yang tidak biasa lagi yaiu detak jantung ibu hamil kembar lebih kencang atau berdebar, dikarenakan memasok dengan pasokan lebih ke janin , karena jika kekurangn oksigen, akan terjadi masalah pada janin. Hal ini membuat si ibu hamil kembar ini akan mreasa tidak nyaman.

  • Emosi yang tidak setabil

Pada umumnya sama dengan masalah emosi pada ibu haml biasa, tetapi kali ini lebih parah lagi dikarenakan pengaruh perubahan hormone hCG yang lebih tinggi. Pada kasus ini seringkali membuat ibu si kembar ini mudah untuk menangis, merasa sangat bera, mudah marah, mudah tersinggung, mudah tersentuh. Akan tetapi hal terebut harus dikelola dengan baik, dikarenakan ada bahaya dibalik emosi yang tidak terkendali pada ibu hamil.

  • Berat badan naik cepat

Pada ibu hamil tunggal seperti pada umumnya mengalami perubahan berat badan yang signifikan, akan tetapi penambahan berat badan pada ibu hamil kembar ini lebih dari hamil tunggal seperti pada umumnya. Akantetapi tetap harus waspada dengan bahaya obesitas bagi ibu hamil kembar ini.

  • Janin bergerak lebih awal

Untuk masalah bayi kembar ini memang harus berbeda penangannyannya dengan hamil tunggal, dikarenakan pada usia kehamilan 15 atau 16 munggu saja si ibu hamil kembar sudah bisa merasakan gerakan janin yang lebih kuat, sedangkan hal ini sama sekali tidak ditemukan pada ibu hamil tunggal. Dalam penelitian, gerakan dua janin dalam Rahim membuat gerakan sekecil apapaun bisa dirasakan oleh sang ibu, gerakan ini memang tidak dapat dilihat dari luar seperti bayi menendang atau memukul, akan tetapi hal ini dapat dirasakan oleh sang ibu. Ciri-ciri bayi kembar pada ibu hamil

  • Maul dan muntah berlebihan

Ibu hamil kembar ini bisa mengalami mal dan muntah berlebihan, akantetapi karena perubahan hormone yang besar, rasa mual dan ingin muntah pun lebih parah daripada hamil tunggal.

  • Payudara sangat sakit

Nyari yang biasanya terjadi pada ibu hamil ini memang umum adanya, akan tetapi pada ibu hamil kembar akan merasakan nyeri yang sangat berat. Karena itu ibu hamil kembar biasanya merasa payudara sangat penuh dan bengkak yang menyebabkan nyeri yang berat, bahkan saking beratnya rasa sakitnya ibu hamil kembar ini tidak bisa menggunakan bra, dengan menggunakan pakaian yang nyaman dapat membantunya mengatasi rasa nyeri yang ibu hamil kembar derita.

  • Sering buang air besar maupun kecil

Dikarenakan kadar hCG yang tinggi menjadikan perubahan tekanan dalam Rahim dan juga dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil maupun buang air besar. Akan tetapi untuk ibu hamil kembar ini mempunyai gejala yang sangat berlebih, bahkan beberapa ibu hamil kembar merasakan tidakbisa istirahat dikarenakan selalu ingin pergi ke kamar kecil.

  • Tubuh sangat lelah

Tidak heran mengapa ibu dengan janin bayi kembar ini mudah merasakan lelah dan capek, tubuh ibu hamil kembar ini terlihat tidak bertenaga sehingga sulit untuk melakukan berbagai aktifitas dengan bebas. Kondisi ini sangat buruk karena akan langusng munul pada usia janin dua minggu.

  • Detak jantung bayi terdengar ada dua

Percaya atau tidak, suara detak jantung janin kembar ini bisa terdengar pada akir trimester pertama, dokter atau bidan dapat memeriksanya untuk menguji dan kehamilan kembar pun dapat disimpulkan.

Sekian penjelasan dari umom mengenai ciri-ciri bayi kembar pada ibu hamil, apabila ibu yang sedang hamil merasakan tanda-tanda diatas, segeralah memeriksakannya ke dokter terdekat atau bidan terdekat siapa tahu ibu sedang mengalami hamil kembar.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: