menjaga kehamilan muda

manfaat jahe merah
manfaat jahe merah untuk kesuburan
30/11/2019
Hamil diluar kandungan
Hamil diluar kandungan
30/11/2019

Menjaga kehamilan muda, senangnya saat mengalami kehamilan, apalagi itu kehamilan anak pertama. Tentu bak kado terindah dari sang pencipta.  Tugas kita selanjutnya adalah menjaga kehamilan itu supaya tetap sehat, baik kesehatan ibu mupun janinnya. Menjaga seperti pada setiap karunia yang diberikan Oleh-Nya. Menjaga kesehatan di kehamilan muda merupakan langkah penting untuk memastikan pembentukan dan perkembangan organ janin di dalam kandungan. Awal kehamilan atau hamil muda merupakan saat- saat yang dapat membingungkan. Berbagai perubahan yang dialami, sebaiknya ditanggapi dengan tepat untuk menjaga kehamilan muda tetap sehat.

Kehamilan akan berlangsung sekitar 40 minggu, dan dipecah menjadi trimester. Trimester pertama berarti 12 minggu pertama, 12 minggu berikutnya disebut timester kedua dan seterusnya. Kehamilan tirmester pertama adalah saat di mana tubuh wanita mulai menyesuaikan diri dengan kehidupan baru di dalamnya, dan masa ini adalah yang paling rentan terjadinya masalah pada kandungan misalnya keguguran (jangan sampai ya bunda).

Cara Menjaga Kehamilan Muda
Kehamilan muda yang artinya juga kehamilan pada trimester pertama. Berikut langkah langkah yang diperlukan untuk menjaga kehamilan muda bunda :

  1. Mengendalikan kondisi emosional

Kehamilan dapat memicu berbagai emosi, seperti gembira, bersemangat hingga gelisah dan perubahan mood. Ibu hamil muda seringkali cemas mengenai kondisi bayi, kemampuan mengasuh, hingga kondisi finansial. Namun, jangan sampai hal-hal tersebut menyebabkan stres.Sangat normal ibu hamil mengalami perubahan emosi yang naik turun atau tiba-tiba merasa ingin menangis. Nikmati setiap proses dalam menjaga kehamilan, jangan terlalu memaksakan atau menghakimi diri. Minta dukungan dari keluarga dan pasangan. Jika perubahan mood menjadi sangat intensif, konsultasikan ke dokter kandungan atau psikolog.

  1. Minum banyak air.

Menurut The American Pregnancy Association merekomendasikan ibu hamil untuk minum lebih banyak. Hal ini bertujuan untuk menjaga cairan bergerak ke seluruh tubuh dan dapat mengurangi risiko kaki bengkak, sembelit dan kelelahan.

  1. Menghindari makanan laut sementara waktu

Kemudian ibu hamil muda sebaiknya juga tidak mengkonsumsi makanan laut untuk sementara waktu. Makanan laut mengandung merkuri seperti yang ditemukan pada ikan tuna, ikan makarel, ikan hiu, lobster, udang dan kerang. Semua jenis makanan laut yang mengandung merkuri tinggi bisa menyebabkan ibu hamil terkontaminasi merkuri. Kemudian merkuri bisa menyebabkan kontaminasi pada janin yang membuat janin memiliki resiko tinggi lahir cacat, kelainan cacat mental dan berbagai pengaruh cacat non genetik lain.

  1. Konsumsi Buah-Buahan

Selama kehamilan ibu hamil seringkali mengalami lelah dan lesu,sehingga membutuhkan makanan yang dapat meningkatkan stamina. Ibu hamil dapat mengkonsumsi buah-buahan yang dapat membantu meningkatkan stamina , buah-buahan yang dapat dipilih adalah buah apel dan pisang yang dijadikan menu cemilan.

  1. Jenis Sayuran Hijau,

Putih dan Berwarna lainnya Semua sayuran memiliki manfaat yang berbeda untuk kesehatan tubuh, begitupula untuk ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil memilih semua jenis sayuran baik yang berwarna hijau, sayuran berwarna orange seperti wortel dan jenis sayuran lainnya .Ibu hamil dapat membuat jadwal menu makanan sehingga tidak bosan mengkonsumsi sayuran. Sayuran juga dapat membantu ibu hamil dalam mengatasai mual dan muntah yang seringkali dikenal dengan istilah morning sickness. Ibu hamil disarankan banyak mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam yang kaya akan kandungan zat besi dalam pembentukan hemoglobin didalam tubuh.Bahkan sayuran hijau mengandung mineral yang dibutuhkan janin dan ibu selama kehamilan.

  1. Menghindari semua jenis makanan mentah

Ibu hamil muda sangat rentan terkena penyakit infeksi. Infeksi bisa bersumber dari bakteri, virus dan kuman baik itu dari lingkungan atau makanan. Karena itu ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan mentah yang bisa menyebabkan ibu terkena infeksi dari parasit seperti listeriosis. Semua jenis makanan mentah juga bisa mengandung bakteri yang bisa menyebabkan ibu mengalami keracunan. Dampaknya bisa menyebabkan ibu menjadi sakit dan kehilangan janin akibat keguguran. Selain makanan mentah maka semua jenis makanan fermentasi mentah juga tidak boleh dikonsumsi seperti keju, daging asap, daging bakar, dan makanan laut mentah.

  1. Tidak merokok dan konsumsi alkohol serta membatasi konsumsi kafein

Cara menjaga kehamilan muda berikutnya yang sering kali sulit untuk dilepaskan adalah menghilangkan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Membuat pilihan gaya hidup yang baik akan secara langsung berdampak pada kesehatan janin yang sedang tumbuh.

Tips menjaga kehamilan itu antara lain: berhenti merokok, berhenti konsumsi alkohol, jauhi penggunaan obat-obatan terlarang, serta batasi konsumsi kafein. Beberapa hal tersebut telah dikaitkan dengan komplikasi serius untuk ibu dan janin.

Merokok bisa memengaruhi aliran darah dan pengiriman oksigen ke janin, sehingga kebiasaan ini bisa mengganggu pertumbuhannya.

Merokok adalah penyebab paling umum dari berat lahir rendah, kematian dan munculnya penyakit dalam beberapa minggu pertama kehidupan. Merokok juga terkait dengan berbagai komplikasi kehamilan, termasuk: pendarahan vagina, kehamilan ektopik, placental abruption, dan persalinan prematur.

Sementara minum alkohol selama kehamilan dikaitkan dengan berbagai masalah pada janin seperti fetal alcohol syndrome (FAS). FAS dapat menyebabkan janin terlahir dengan berat rendah dan kelainan pada sistem saraf pusatnya.

Konsumsi alkohol selama kehamilan juga dapat menyebabkan komplikasi, seperti: keguguran, persalinan prematur dan kelahiran mati.

Selain rokok dan alkohol, hal penting lainnya yang harus diketahui ibu hamil adalah membatasi asupan kafein, hal itu bertujuan untuk menghindari risiko keguguran dan masalah lainnya.

Nah, itulah beberapa cara untuk menjaga kehamilan di trimester pertama taua yang biasa disebut kehamilan muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: