Bedong Bayi . Perhatikan hal hal ini, jangan dianggap sepele

Puasa Menghambat Promil? Yuk, Cek Faktanya
13/05/2019
manfaat semangka untuk kesuburan
Tak disangka Semangka memiliki manfaat untuk kesuburan pria dan wanita
05/09/2019
bedong bayi

Bedong Bayi. kapankah waktu yang tepat untuk membedong bayi? Sebelum itu, Membedong bayi selama ini dianggap sebagai sesuatu yang wajib dilakukan pada bayi yang baru lahir. Banyak yang masih menganggap jika bayi yang tidak dibedong akan memiliki kaki yang bengkok berbentuk seperti huruf o.
Bedong (SWADDLING) adalah cara membungkus bayi dengan selimut yang bertujuan untuk memberikan rasa hangat dan nyaman. Sebenarnya, membedong atau swaddling sudah dilakukan sejak lama oleh orangtua-orangtua kita dulu. Di banyak daerah di kawasan asia, membedong bayi baru lahir merupakan tradisi turun temurun, bahkan diselimuti hal-hal mistis seperti untuk melindungi bayi dari gangguan roh jahat. Saat ini, dunia kedokteran pun sudah membuktikan manfaat bedong bagi bayi.

cara bedong bayi
Orang tua umumnya membedong bayi baru lahir hingga beberapa bulan usianya. Akan tetapi, ada pula orang tua yang tidak melakukannya. Sebenarnya, perlukah bayi dibedong? Bila memang perlu, apa saja manfaat membedong bayi?

Ya, membedong bayi memang sudah seperti tradisi atau dilakukan secara turun-menurun. Membedong bayi memang menjadi pro kontra di masyarakat. Sebenarnya boleh saja membedong bayi dengan syarat memerhatikan hal berikut:
Beberapa Tips Seputar Membedong Bayi

  • Jangan dibedong saat bayi lapar
    Perhatikan kondisi bayi Anda ketika awal akan membedong; jangan melakukannya ketika dia sedang lapar misalnya, atau masih basah setelah mandi, ataupun ketika ia sedang lelah
    Hindari membedong bayi Terlalu ketat
    Jangan membedong terlalu kencang, dengan memaksa kaki bayi agar lurus, karena praktek seperti ini akan merusak sendi lututnya dan juga bisa menyebabkan displasia pangkal paha (hip dysplasia). Untuk mencegahnya, pastikan Anda meninggalkan ruang yang cukup pada bagian bawah bedong (bagian kaki), sehingga bayi Anda tetap bisa menekuk lututnya.
    Pasalnya, bayi bisa merasa kepanasan, berkeringat, dan napasnya menjadi lebih cepat dan berisiko sesak. Karena itu, longgarkan sedikit ikatan atau balutan bedong Si Kecil agar ia masih bisa bergerak dan tidak sesak napas.
  • Tergantung Cuaca
    Jika cuacanya dingin, Anda boleh memakaikan baju dan celana panjang kepada si kecil sebelum ia dibedong. Namun jika cuaca sedang panas, pastikan ia hanya memakai kaos singlet dan celana pendek. Kalau tidak, ia akan sangat kepanasan
  • Hindari menutup wajah
    Jangan sampai kain bedong menutupi daerah wajah bayi Anda, sehingga bayi anda sulit bernafas dan kekurangan sirkulasi udara
  • Jangan diletakkan Berdampingan dengan anda
    Ketika bayi Anda tertidur dengan dibedong, sebaiknya ia jangan diletakkan berdampingan dengan Anda, karena ia pun mungkin akan kepanasan. Bayi yang dibedong ketika tidur, sebaiknya dibuat sedemikian rupa sehingga sekelilingnya merupakan udara bebas dan tidak tertutup, agar ia memperoleh cukup udara dan tidak merasa kepanasan
  • Perhatikan posisi bayi
    Hindari jangan sampai bayi yang dibedong terguling atau tidur dalam posisi telungkup
    Kenapa? Karena posisi tidur telungkup berisiko menghambat jalan napas sehingga berdampak mengalami SIDS.
  • Pastikan pula tidak ada benda-benda apapun di sekitar Si Kecil saat tidur, misal bantal atau selimut. Soalnya, benda itu dapat menutupi hidung bayi dan berisiko mengalami sulit napas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: