Apakah bisa Hamil Setelah KB ?

manfaat alpukat untuk kehamilan
Alpukat,
18/09/2019
Mengatasi Sperma Encer
30/09/2019

Hamil setelah KB. Setelah menikah, banyak wanita yang belum ingin hamil akan menggunakan alat KB atau alat kontrasepsi lain untuk membantunya mengontrol kehamilan. Dengan alat KB, pasangan dapat mengontrol kapan mereka ingin hamil dan memiliki anak. Hal ini membantu pasangan untuk merencanakan waktu yang baik untuk hamil dan memiliki anak.

Di zaman sekarang banyak wanita yang ingin membuat jarak antara anak yang satu dengan yang lainnya. Hal itu tentu dilakukan setelah ibu tersebut mendapatkan keturunan atau anak. Memang menjaga jarak beberapa tahun seperti 3-4 tahun akan mempermudah sang ibu untuk fokus dalam membesarkan sang buah hati. Apabila jaraknya berdekatan tak jarang sang ibu akan kerepotan dalam mengasuh anak-anaknya tersebut. Akan tetapi, semua itu kembali pada keinginan sang ibu dan sang ayah apakah akan membuat jarak beberapa tahun atau tidak.

Untuk mencegah kehamilan, wanita bisa menggunakan alat kontrasepsi oral, alat kontrasepsi hormonal, kondom, dan alat kontrasepsi lainnya. Ketika pasangan sudah siap untuk memiliki anak, wanita bisa memutuskan untuk melepas alat KB dan menunggu sampai bisa punya anak. Namun, seberapa cepat wanita bisa kembali subur dan memungkinkan untuk hamil setelah melepas alat KB?

Beragam Hambatan Kehamilan Setelah KB

Salah satu kondisi yang bisa menghambat kehamilan Bunda setelah KB adalah usia. Wanita berusia di atas 40 tahun akan lebih sulit hamil, karena kualitas maupun jumlah sel telurnya sudah menurun seiring bertambahnya usia.

Selain itu, sejumlah gangguan kesehatan atau gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menghambat kehamilan setelah KB, misalnya menderita penyakit tertentu atau haidnya tidak lancar. Kondisi-kondisi ini akan menyebabkan penurunan tingkat kesuburan.

Faktor yang tidak kalah penting dalam menentukan cepat lambatnya hamil setelah KB adalah jenis KB yang digunakan. Beberapa jenis KB memiliki efek kontrasepsi yang lebih panjang, sehingga setelah penggunaannya dihentikan pun, efeknya masih ada hingga beberapa waktu.

Waktu untuk bisa hamil setelah lepas KB

Kemampuan wanita untuk hamil akan menurun secara bertahap seiring dengan pertambahan umur, mulai dari umur 25 tahun. Sehingga, mungkin kesuburan wanita menurun setelah memakai alat KB, bukan karena alat KB-nya itu sendiri, melainkan karena umur wanita sudah lebih tua dari sebelum ia memakai alat KB. Kesehatan yang buruk dan menstruasi yang tidak teratur juga dapat menurunkan kesuburan wanita.

Waktu yang dibutuhkan untuk seorang wanita bisa kembali hamil lagi setelah berhenti memakai alat KB sangat bervariasi antar individu tergantung dengan alat KB yang dipakai.

  1. Metode hormonal progestin

Metode ini termasuk pil, implan (seperti implanon atau nexplanon), dan suntikan depo-provera. Metode ini hanya mengandung hormon progestin.

Implan progestin merupakan batang plastik fleksibel seukuran korek api yang ditaruh di bawah kulit lengan atas. Impan dapat mencegah kehamilan dalam jangka panjang (sampai dengan 5 tahun) dan tidak mengganggu ASI (Air Susu Ibu) jika Bunda sedang menyusui. Dengan implan progestin (implanon), Bunda dapat hamil segera setelah Bunda melepasnya.

Pil progestin atau mini pil mengandung sintesis progesteron dengan dosis rendah, sehingga secara cepat dapat menghilang dari tubuh. Kebanyakan wanita hamil setelah 6 bulan berhenti mengonsumsi mini pil.

Suntikan depo-provera mengandung sintesis progesteron dan tidak mengandung estrogen sehingga tidak meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung dan gangguan pembekuan darah. Suntikan depo-provera diberikan setiap 12 minggu. Bunda akan subur lagi hanya dalam waktu 13 minggu setelah suntikan terakhir diberikan, atau bisa jadi memakan waktu setahun atau lebih untuk bisa mulai pembuahan lagi. Sebagian besar wanita dapat hamil lagi setelah 6-7 bulan berhenti disuntik depo-provera.

  1. Metode kombinasi hormonal

Metode ini termasuk pil KB, suntikan, dan cincin vagina. Metode ini mengandung hormon estrogen dan progestin (sintesis dari progesteron). Bunda dapat hamil lagi setelah berhenti menggunakan dosis reguler atau dosis rendah dari kontrasepsi kombinasi ini. Pil kombinasi harus dipakai tiap hari untuk mencegah kehamilan, sedangkan suntik KB kombinasi harus dilakukan setiap 30 hari.

Bagi banyak wanita, kesuburan dapat kembali lagi setelah berhenti memakai metode ini, mereka akan menstruasi setelah beberapa hari berhenti memakai metode ini. Tetapi, sebagian wanita perlu satu bulan atau lebih untuk mulai melepaskan sel telur lagi dan mengalami menstruasi, hal ini adalah normal.

Setengah dari wanita dapat hamil lagi di 3 bulan pertama setelah berhenti mengonsumsi pil KB, dan sebagian besar wanita dapat hamil lagi setelah 12 bulan berhenti mengonsumsi pil ini. Informasi yang lebih tepat tentang seberapa cepat wanita bisa hamil lagi setelah berhenti menggunakan metode kontrasepsi ini belum tersedia.

  1. Metode penghalang (barrier)

Contoh alat KB metode penghalang adalah diafragma, cervical cap, kondom pria, kondom wanita, spons, spermisida (bentuk gel, busa, dan krim), dan suppositoria. Alat kontrasepsi ini tidak mempengaruhi kesuburan Bunda. Setelah berhenti memakai alat kontrasepsi ini, Bunda dapat hamil lagi setelah Bunda melakukan hubungan seks dengan pasangan Bunda. Jika Bunda mengalami pembuahan yang tidak disengaja dan kemudian hamil setelah memakai spermisida, ini tidak menjadi masalah karena spemisida tidak akan menyakiti janin Bunda.

  1. Intrauterine device (IUD)

Untuk wanita yang telah berhenti memakai IUD dari tembaga dan IUD hormonal, kesuburan akan kembali setelah siklus menstruasi pertama. IUD dapat dilepas kapan saja. Tingkat kesuburan akan sama dengan sebelum Bunda memakai IUD ini.

 

Apa yang sebaiknya dilakukan untuk cepat hamil setelah lepas kb jenis hormonal atau non hormonal?

  1. Istirahatkan Kelenjar Endokrin

Hal pertama yang harus dilakukan adalah istirahatkan kelenjar endokrin.  Karena endokrin ini adalah kelenjar penghasil hormon, seorang wanita supaya tidak terus-menerus “menekan” kelenjar endokrinnya.

kelenjar endokrin adalah kelenjar yang berada di dalam otak yang berguna sebagai pengatur hormon-hormon yang dihasilkan dari kelenjar lainnya. Kelenjar endokrin dalam tubuh membentuk suatu sistem yang disebut sistem endokrin.

Jika bunda melakukan program KB hormonal selama dua tahun sejak kelahiran anak sebelumnya, sebaiknya diselingi dengan Fase istirahat pada Kelenjar Endokrin dengan menghentikan atau melepas alat KB sekitar 1 sampai 2 Bulan.

Untuk sementara pakailah alat KB atau metode kontrasepsi non hormonal, seperti kondom atau spiral. Hal ini perlu agar kelenjar endokrin bisa bekerja lagi.

  1. Hindari Stress

Sebisa mungkin bunda hindari stress yang berlebih, karena akan berdampak pada ketidakseimbangan hormon, sehingga menstruasi pun menjadi tidak teratur dan akan bermasalah pada tingkat kesuburan bunda.

  1. Jaga Kondisi Tubuh

Lakukan olah raga secara rutin agar tubuh bunda tetap bugar, selain itu asupan gizi yang baik juga penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Atur pola makan yang sehat untuk meningkatkan kesuburan bunda untuk mendukung agar berjalan sukses tips ini.

  1. Konsumsi suplemen penyubur

Kenapa kami menyarankan untuk mengkonsumi suplemen penyubur?

sebelumnya, Bunda harus memahami dulu kenapa KB dapat berpengaruh pada hormon…

 

Cara kerja KB jenis hormonal yang mempengaruhi hormon progesteron dan ekstrogen tubuh seorang wanita akan berhenti menghasilkan sel telur pada ovariumnya sehingga sperma kesulitan untuk masuk ke dalam rahim dan bertahan hidup, sehingga pembuahan menjadi sulit terjadi.

butuh waktu bagi tubuh kita untuk menormalkan siklus menstruasi agar normal kembali…

…jadi, Bunda tidak perlu terlalu khawatir jika ingin cepat hamil setelah memutuskan untuk berhenti program KB, terutama jenis hormonal.

Ya, menghadapi siklus menstruasi yang tidak menentu dapat berdampak bagi sulitnya mendeteksi masa ovulasi.

Apalagi, kebanyakan wanita justru tidak subur selama beberapa hari saat ovulasi tiba. Hal ini dikarenakan sel telur hanya punya kondisi sangat subur 12-24 jam setelah dilepaskan dari ovarium.

Perempuan dikatakan sangat subur selama 1 hari (24 jam), setelah ovum (sel telur) dibuang kemudian perlu sel telur baru lagi untuk dibuahi.

fertilev fertimex

Untuk mengembalikan kesuburan bunda lagi, dari promilumom menyarankan menggunakan fertilev dan java herbal, karena sudah terbukti mampu mengembalikan kesuburan setelah KB. Dan yang pasti sudah terdaftar BPOM, oleh karena itu yang membuat kami yakin untuk menyarankan kepada bunda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: